PENGARUH CASH MANAGEMENT SYSTEM (CMS) DAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUTUSAN PENGALIHAN DANA OLEH NASABAH BNI CABANG MATTOANGING MAKASSAR

  • Jabir Jabir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
  • Andi Syarifuddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
  • Sutardjo Tui Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CMS berpengaruh terhadap keputusan pengalihan dana oleh nasabah BNI Cabang Mattoanging, menganalisis pengaruh mobile banking berpengaruh terhadap keputusan pengalihan dana oleh nasabah BNI Cabang Mattoanging, dan menganalisis manakah diantara CMS dan mobile banking yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pengalihan dana oleh nasabah BNI Cabang Mattoanging. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang dirancang untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan dan tujuan yang hendak dicapai serta menguji hipotesis. Besar sampel dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Slovin 10% yaitu 98 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menemukan bahwa CMS berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengalihan dana oleh nasabah BNI Cabang Mattoanging Makassar. CMS sebagai fasilitas internet banking yang memberikan kemudahan kepada nasabah korporasi untuk mengelola kasnya, melakukan monitoring dan transaksi secara langsung dengan bantuan jaringan internet, yang menjadikan nasabah mengambil keputusan untuk menggunakan CMS dalam mengalihkan dananya. Mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengalihan dana oleh nasabah BNI Cabang Mattoanging Makassar. Mobile banking sebagai layanan inovasi dari internet banking yang memungkinkan nasabah perorangan untuk mengguakan transaksi perbankan melalui smartphone, menjadikan nasabah mengambil keputusan untuk menggunakan mobile banking karena praktis dan efisien dalam penggunaannya. CMS yang dominan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengalihan dana oleh nasabah BNI Cabang Mattoanging Makassar. CMS menjadi pilihan dominan bagi nasabah dalam mengambil keputusan karena CMS memenuhi kebutuhan nasabah atas layanan perbankan, memperoleh informasi perbankan, kegiatan pembayaran online dan transfer yang tepat waktu.

Published
2021-03-31
How to Cite
JABIR, Jabir; SYARIFUDDIN, Andi; TUI, Sutardjo. PENGARUH CASH MANAGEMENT SYSTEM (CMS) DAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUTUSAN PENGALIHAN DANA OLEH NASABAH BNI CABANG MATTOANGING MAKASSAR. Master of Management Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 32-45, mar. 2021. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/MM/article/view/804>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles