IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DAN DAMPAK KOGNITIFNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA OLEH GURU YANG TERSERTIFIKASI DAN BELUM TERSERTIFIKASI DI SMP NEGERI 21 MAKASSAR
Abstract
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi standar proses (perencanaan, pelaksanaan, penilaian) dan dampak kogniifnya dalam pembelajaran Matematika oleh guru SMP Negeri 21 Makassar yang tersertifikasi dan belum tersertifikasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran (lembar observasi dan wawancara), (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran (lembar observasi dan wawancara), (3) penilaian kegiatan pembelajaran (lembar observasi dan wawancara) dan tes prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah guru Matematika di SMP Negeri 21 Makassar sebanyak 3 guru yang terbagi atas 2 guru yang telah tersertifikasi dan 1 guru yang belum tersertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi standar proses dalam pembelajaran Matematika oleh guru yang tersertifikasi pada (a) perencanaan pembelajaran Matematika oleh subjek HASMTK dan ROSMTK berada dalam kategori penilaian Baik, (b) pelaksanaan kegiatan pembelajaran Matematika oleh subjek HASMTK dan ROSMTK berada dalam kategori penilaian Amat Baik, (c) penilaian kegiatan pembelajaran Matematika oleh subjek HASMTK dan ROSMTK berada dalam kategori penilaian Amat Baik. (2) prestasi belajar siswa yang diajar oleh guru tersertifikasi dalam pembelajaran Matematika (a) subjek HASMTK berada dalam kategori Tinggi, akan tetapi nilai rata-rata peserta didik yang diajar oleh subjek tidak memenuhi standar klasikal. (b) subjek ROSMTK berada dalam kategori Tinggi dan nilai rata-rata peserta didik yang diajar oleh subjek memenuhi standar klasikal. (3) implementasi standar proses dalam pembelajaran Matematika oleh guru yang belum tersertifikasi pada (a) perencanaan pembelajaran Matematika oleh subjek ELMTK berada dalam kategori penilaian Baik, (b) pelaksanaan kegiatan pembelajaran Matematika oleh subjek ELMTK berada dalam kategori penilaian Amat Baik, (c) penilaian kegiatan pembelajaran Matematika oleh subjek ELMTK berada dalam kategori penilaian Amat Baik. (4) prestasi belajar siswa yang diajar oleh guru yang belum tersertifikasi dalam pembelajaran Matematika, oleh subjek ELMTK berada dalam kategori Tinggi. akan tetapi nilai rata-rata peserta didik yang diajar oleh subjek tidak memenuhi standar klasikal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.