EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN 3 POLEWALI

  • Ishak K

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri 3 Polewali. Data yang dikumpulkan terdiri dari hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terjadi peningkatan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali yang diajar melalui metode hypnoteaching dengan skor rata-rata sebesar 13,03 dengan standar deviasi 5,93. Terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali setelah diajar melalui metode hypnoteaching dengan peningkatan hasil belajar siswa yang dihitung dengan rumus gain ternormalisasi sebesar 0,214. Respon siswa siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali terhadap pembelajaran bangun datar segiempat dengan menggunakan metode hypnoteaching sebesar 3,15. Hal iniĀ  menunjukkan respon yang positif. Berdasarkan kriteria tingkat keefektifan, pembelajaran metode hypnoteaching cukup efektif untuk diterapkan pada pokok bahasan bangun datar segiempat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Polewali sebelum diterapkan metode hypnoteaching mencapai skor rata-rata 40,867 dan berada pada kategori tidak tuntas. Sedangkan setelah diajar dengan pembelajaran metode hypnoteaching mencapai skor rata-rata 77,067 dengan sekitar 75% siswa memenuhi kriterian ketuntasan minimal (KKM) sehingga mencapai ketuntasan klasikal dan berada pada kategori sedang.

Published
2019-05-23
How to Cite
K, Ishak. EFEKTIVITAS METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMPN 3 POLEWALI. Aksiomatik: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 25-32, may 2019. ISSN 2354-5860. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/aksiomatik/article/view/12>. Date accessed: 01 dec. 2023.
Section
Articles