PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BULUKUMBA

Indonesia

  • Lian Lian STKIP YPUP Makassar
  • Jeranah Jeranah STKIP YPUP Makassar

Abstract

Penelitian ini merupakan penilitian pre eksperimen yang melibatkan melibatkan satu kelas sebagai kelas perlakuan dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bulukumba yang berjumlah sembilan kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 yang dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi respon siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa  yaitu 82,12 dengan KKM 75. (2) Rata-rata hasil belajar menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yaitu 100%. (3) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,66 yang berada pada kategori sedang. (4) Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Bulukumba yaitu 3,86. (5) Rata-rata persentase aktivitas siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Bulukumba sebesar 92% siswa aktif. (6) Penggunaan metode thingking aloud pair problem solving (TAPPS) pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Bulukumba mendapat respons positif sebesar 86%.

Published
2020-06-03
How to Cite
LIAN, Lian; JERANAH, Jeranah. PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BULUKUMBA. Aritmatika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 37-44, june 2020. ISSN 2775-0442. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/art/article/view/118>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.37086/art.v1i1.118.
Section
Articles