PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADASISWA KELAS VIII SMPN 7 REO

  • M. Rais Ridwan STKIP YPUP Makassar
  • Albertus Afri Odo STKIP-YPUP Makassar

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui  hasil belajar matematika pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Reo yang diajar menggunkan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan model pembelajaran Langsung. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Reo yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 69 0rang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIIA dan VIIIc dengan jumlah siswa 46 orang diperoleh dengan menggunakan teknik claster Random Sampling. Penelitian ini  menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif  hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan rata-rata 74,57 dan standar deviasi 11,155 sedangkan hasil belajar Model pembelajaran langsung dengan rata-rata 62,61 dan standar deviasi 11,130 sedangkan hasil  dari analisis statistik inferensial diperoleh statistik uji t dengan  = 3,639 dan  = 1,678 dimana  >  maka  ditolak dan  diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa  hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Reo yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Langsung

Published
2020-06-03
How to Cite
RIDWAN, M. Rais; ODO, Albertus Afri. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADASISWA KELAS VIII SMPN 7 REO. Aritmatika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 20-25, june 2020. ISSN 2775-0442. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/art/article/view/120>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.37086/art.v1i1.120.
Section
Articles