Efektivitas Permainan Tradisional Boy-Boyan Untuk Meningkatkan Gerak Motorik Kasar Siswa Tunagrahita Ringan
Abstract
Perkembangan motorik kasar berhubungan dan memberikan dampak kepada perkembangan anak, tidak terkecuali anak tunagrahita. Anak tunagrahita akan kesulitan bila melakukan aktivitas gerak yang terlalu rumit, oleh karena itu dipilih permainan tradisional boy-boyan untuk merangsang ketertarikan siswa tunagrahita untuk mau melakukan gerak jasmani. Penelitian eksperimen dipilih untuk menguji efektifitas permainan tradisional boy-boyan terhadap kemampuan motorik kasar siswa tunagrahita ringan. Penelitian dilakukan pada siswa tunagrahita di SLB Lab-UM Malang tingkat SDLB kelas V sebanyak 15 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes lari 50 meter. Hasil analisis data menggunakan uji t dengan sampel yang saling berkorelasi (paired sample t-test) diperoleh nilai t sebesar 8,323 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 (p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan boy-boyan terhadap peningkatan kemampuan gerak motorik kasar pada siswa tunagrahita.
References
Bukit, J., & Pramono, H. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Gobak Sodor Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di SLB YKPC GBKP Alpha Omega. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(2), 439–446. https://doi.org/10.15294/INAPES.V2I2.45328
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. JURNAL RAUDHAH, 4(2), 2338–2163. https://doi.org/10.30829/RAUDHAH.V4I2.52
Hayati, H. S., Ch, M., & Asmawi, M. (2017). EFFECT OF TRADITIONAL GAMES, LEARNING MOTIVATION AND LEARNING STYLE ON CHILDHOODS GROSS MOTOR SKILLS. International Journal of Education and Research, 5(7). www.ijern.com
Linda, R. F., & Rifki, M. S. (2020). UPAYA MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK MODIFIKASI | JURNAL STAMINA. Stamina, 3(6), 417–426. http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/517
Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49–61. https://doi.org/10.31849/PAUD-LECTURA.V4I02.6422
Oedjoe, M. R., & Bunga, B. N. (2016). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL “SIKODOKA” BAGI ANAK USIA DINI BERLATAR BELAKANG TUNA GRAHITA. Jurnal Ilmiah Visi, 11(2), 73–80. https://doi.org/10.21009/JIV.1102.2
Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86–100. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4883
Ray, D. C., Schottelkorb, A., & Tsai, M. H. (2007). Play Therapy With Children Exhibiting Symptoms of Attention Deficit Hyperactivity Disorder. International Journal of Play Therapy, 16(2), 95–111. https://doi.org/10.1037/1555-6824.16.2.95
Satria, M. H., & Wijaya, M. A. (2020). PERMAINAN GERAK DASAR LOKOMOTOR UNTUK ANAK TUNAGRAHITA SEDANG. JURNAL PENJAKORA, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.23887/PENJAKORA.V7I1.24696
Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan permainan tradisional dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia sekolah dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.26486/JM.V2I1.427
Utari, Y. I. (2015). UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR LOKOMOTOR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (Pada Siswa- Siswi Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Mulya Surabaya) | Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. JPOK, 3(2), 279–282. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/13528