PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR

  • Muh. Bakri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
  • Andi Syarifuddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar
  • Rusdiah Hasanuddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendidikan pelatihan dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 45 orang. Hasil uji f menunjukkan bahwa secara simultan variabel pendidikan pelatihan (X1) dan variabel motivasi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja pegawai (Y). Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel pendidikan pelatihan (X1) dan variabel motivasi (X2) juga berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja pegawai (Y). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka variabel yang memiliki pengaruh lebih dominan adalah variabel motivasi (X2) dengan persentase sebesar 54,1% sedangkan variabel pendidikan pelatihan (X1) hanya sebesar 37,9%.

Published
2021-03-31
How to Cite
BAKRI, Muh.; SYARIFUDDIN, Andi; HASANUDDIN, Rusdiah. PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR. Master of Management Journal, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 345-356, mar. 2021. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/MM/article/view/999>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles