PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI METAKOGNITIF DI SMP NEGERI 14 TANRALILI KABUPATEN MAROS

  • Fatman Anjani

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Subjek penelitian pada siswa SMP Negeri 14 Tanralili adalah salah satu sekolah yang ada di Sulawesi Selatan yang terletak di kota Maros, mempunyai 9 kelas yaitu kelas VII, VIII dan kelas IX masing-masing tiga kelas yang tia-tiap kelas terdiri dari 24-30 siswa. Sekolah ini telah menerapkan kurikulum tahun 2012 dalam melakukan pembelajaran. Dalam Kurikulum ini siswa diharapkan lebih aktif dan guru hanyalah sebagai pengarah atau fasilitator dalam pembelajaran.Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika hasil belajar siswa kelas VIIC mengalami kenaikan dari nilai rata-rata siswa yaitu 61,16 pada menjadi 80,34  setelah dilaksanakan penelitian per siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Melalui strategi metakognitif pada pembelajaran

Published
2019-05-23
How to Cite
ANJANI, Fatman. PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI METAKOGNITIF DI SMP NEGERI 14 TANRALILI KABUPATEN MAROS. Aksiomatik: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 52-62, may 2019. ISSN 2354-5860. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/aksiomatik/article/view/15>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles