PENERAPAN METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP BERDASARKAN SAK DAN PERPAJAKAN TERHADAP PAJAK PENGHASILAN PERUSAHAAN PADA PT. TRIWANA GRAHA UTAMA MAKASSAR

  • Surianto Surianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wira Bhakti Makassar

Abstract

Pokok permasalah dalam penelitian ini apakah terdapat perbedaan nilai penyusutan aktiva tetap berdasarkan metode Standar Akuntansi Keuangan dengan metode ppajakan terhadap besarnya pajak penghasilan perusahaan pada PT Triwana Graha Utama di Makassar? Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka yang menjadi tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai penyusutan aktiva tetap berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan dan Perpajakan. Metode analisis yang digunakan adalah metode perbandingan yaitu membandingkan metode penyusutan aktiva tetap berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan dengan perpajakan dalam penentuan laba-rugi. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisa penulis menemukan salah satu perbedaan antara laporan keuangan fiskal dengan laporan keuangan komersial yaitu pada perlakuan akuntansi aktiva tetap. Berdasarkan kasus yang penulis teliti di PT. Triwana Graha Utama, lebih besar dari perhitungan fiskal. Beban penyusutan yang berbeda pada PT. Triwana Graha Utama ini disebabkan adanya perbedaan waktu. Perbedaan tersebut akan mempengaruhi laba bersih sebelum pajak dalam laporan laba-rugi.

Published
2017-12-29
How to Cite
SURIANTO, Surianto. PENERAPAN METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP BERDASARKAN SAK DAN PERPAJAKAN TERHADAP PAJAK PENGHASILAN PERUSAHAAN PADA PT. TRIWANA GRAHA UTAMA MAKASSAR. EQUITY: Journal of Economics, Management and Accounting, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 125-136, dec. 2017. ISSN 2549-6182. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/equity/article/view/540>. Date accessed: 26 apr. 2024.