MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COLLEGE BALL PADA SISWA KELAS VII UPT SMP NEGERI 26 KEPULAUAN SELAYAR

  • Nur Asrawati
  • Muhammad Tahir STKIP YPUP Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII UPT SMP Negeri 26 Kepulauan Selayar melalui penerapan strategi pembelaran aktif tipe College Ball. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII UPT SMP Negeri 26 Kepulauan Selayar sebanyak 34 orang. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus, Siklus I sebanyak 4 kali pertemuan dan siklus II juga sebanyak 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada siklus I skor rata-rata siswa yaitu 67,5588 dari skor ideal 100 yang mungkin dicapai oleh siswa, dengan 16 orang siswa yang tuntas belajar sehingga dilanjutkan pada siklus II dengan skor rata-rata yaitu 79 dari skor ideal 100, dengan siswa yang tuntas belajar adalah 32 orang atau 94,12%. Sedangkan secara kualitatif pada hasil belajar mengajar terjadi perubahan peningkatan nilai siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe College Ball. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe College Ball dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII UPT SMP Negeri 26 Kepulauan Selayar. Hasil ini diharapkan agar guru dalam melakukan pembelajaran berusaha menciptakan kondisi yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dengan memilih metode dan strategi yang tepat

Published
2021-09-23
How to Cite
ASRAWATI, Nur; TAHIR, Muhammad. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COLLEGE BALL PADA SISWA KELAS VII UPT SMP NEGERI 26 KEPULAUAN SELAYAR. Journal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 190-203, sep. 2021. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/jmy/article/view/413>. Date accessed: 05 may 2024.
Section
Articles