PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

  • Rezki Novianti Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Hery Bongga Upa' STKIP YPUP Makassar
  • Ruslan B STKIP YPUP Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumarorong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa, Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah 70,86 yang dikategorikan tinggi dan standar deviasi 10,46. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung adalah 48,8 yang dikategorikan sedang dengan standar deviasi 9,41. Kemudian berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh thit = 8,54 dan ttabel = 1,663 sehingga thit > ttabel yang menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langung. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumarorong.

Published
2021-12-02
How to Cite
NOVIANTI, Rezki; UPA', Hery Bongga; B, Ruslan. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-9, dec. 2021. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/jmy/article/view/546>. Date accessed: 18 may 2024.
Section
Articles