EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SATAP RANTEBULAHAN TIMUR

  • Vivin Alfami
  • Nurfaida Tasni STKIP YPUP Makassar
  • Siti Fatimah Sirate STKIP YPUP Makassar

Abstract




Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan one grup pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satap Rantebulahan Timur tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 orang sekaligus sebagai sampel dalam penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal sebesar 46 dengan standar deviasi 5,109 berada pada kategori rendah dan rata-rata hasil belajar setelah diterapkan sebesar 84,9 dengan standar deviasi 5,647 berada pada kategori sangat tinggi dan skor ideal 100 maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal. Kemudian rata-rata persentase aktivitas siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal sebasar 85,416% dan berada pada kategori baik, rata-rata persentase respon siswa sebesar 87% dan berada pada kategori positif dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93,75% berada pada kategori baik. Dengan demikian maka model pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal efektif digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 4 Satap Rantebulahan Timur.




Published
2021-12-07
How to Cite
ALFAMI, Vivin; TASNI, Nurfaida; SIRATE, Siti Fatimah. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SATAP RANTEBULAHAN TIMUR. Journal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 18-32, dec. 2021. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/jmy/article/view/576>. Date accessed: 18 may 2024.
Section
Articles