MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SMP KEMALA BHAYANGKARI MAKASSAR

  • Nur Asrawati

Abstract




Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas VII SMP Kemala Bhyangkari Makassar. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kemala Bhayangkari yang berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Materi yang diajar pada penelitian ini adalah bilangan bulat dan pecahan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan pemecahan masalah terjadi peningkatan skor hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN Satu Atap Metangga yang pada siklus I mencapai rata-rata 64,21 dengan standar deviasi 12,31 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,14 dengan standar deviasi 11,57. Berdasarkan kategori ketuntasan hasil belajar yang digunakan perolehan skor hasil belajar matematika siswa yang dikategorikan tuntas pada siklus I dengan presentase 60% dan pada siklus II yang dikategorikan tuntas menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN Satu Atap Metangga Kabupaten Manggarai Barat.




Published
2021-12-06
How to Cite
ASRAWATI, Nur. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SMP KEMALA BHAYANGKARI MAKASSAR. Journal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 33-42, dec. 2021. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/jmy/article/view/577>. Date accessed: 18 may 2024.
Section
Articles