PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP SARIBUANA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Saribuana Makassar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII (1) dan VII (2). Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VII (1) yang berjumlah 30 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh kesimpulan yaitu (1) rata-rata hasil kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Saribuana Makassar yaitu 76,87 dikategorikan tinggi dengan standar deviasi 11,461; (2) rata-rata hasil kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Saribuana Makassar yaitu 73,23 yang dikategorikan tinggi dengan standar deviasi 4,232 dan (3) rata-rata tes hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Saribuana Makassar yaitu 83,13 yang dikategorikan sangat tinggi dengan standar deviasi 4,297. Kemudian hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematis secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas