Survei Persentase Jenis Cedera Olahraga Berdasarkan Tempat dan Penyebab Terjadinya Cedera Olahraga Pada Siswa IKSPI Kera Sakti Ranting Pajangan

  • Redha Ilham Sungasto Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Yulius Agung Saputro Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Dody Tri Iwandana Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Ginanjar Nugraheningsih Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Salah satu cabang olahraga dengan full body contact yang beresiko terjadi cedera adalah  pencak silat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab terjadinya cedera pada siswa pencak silat IKSPI Kera Sakti Ranting Pajangan. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan subjek penelitian siswa pencak silat IKSPI Kera Sakti Ranting Pajangan yang beranggotakan 25 orang. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan persentase cedera tertinggi yang dialami siswa dengan jumlah responden 25 orang siswa adalah 52% cedera pergelangan tangan, 52% cedera betis, 52% cedera lecet jari tangan. Persentase tertinggi faktor penyebab cedera dialami oleh siswa pencak silat adalah  adalah  kesalahan teknik saat latihan sebesar 48%, latihan yang berlebihan sebesar 36%, kurang pemanasan sebesar 52%, titik Lelah tertinggi saat latihan sebesar 44%, dan kondisi lingkungan tidak mendukung saat latihan sebesar 40%. Siswa pencak silat harus mematuhi aturan permainan, melakukan koordinasi gerakan dengan baik dan konsentrasi yang penuh, menjaga kesehatan, melakukan pemanasan dengan benar sebelum latihan, dan melihat kondisi lapangan yang aman untuk latihan, memakai body protector, serta menyediakan perlengkapan seperti peralatan keselamatan, pengadaan es, dan perlengkapan P3K.

Published
2023-07-31
How to Cite
SUNGASTO, Redha Ilham et al. Survei Persentase Jenis Cedera Olahraga Berdasarkan Tempat dan Penyebab Terjadinya Cedera Olahraga Pada Siswa IKSPI Kera Sakti Ranting Pajangan. Gerak: Journal of Physical Education, Sports, and Health, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1-6, july 2023. ISSN 2828-5433. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/jps/article/view/1399>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.37086/gerak.v3i2.1399.
Section
Article