Observasi Penerapan Digitalisasi Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Pada Kurikulum Terbaru Di Sekolah SMAN 1 SEDAYU

  • Adriyansyah Bimantara Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Dody Tri Iwandana Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada penerapan digitalisasi terhadap proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari perkembangan digitalisasi terhadap proses pembelajaran PJOK sehingga dapat mengetahui peranannya bagi proses pembelajaran PJOK. Penelitian yang dilakukan ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Resarch) adalah sebuah penelitian yang dimana peneliti berkesempatan untuk mengamati dan berpartisipasi langsung dalam penelitian, penelitian dilakukan dengan cara mengobservasi ditinjau dari waktu dan tempat dilaksanakannya penelitian, agar mendapatkan hasil yang diinginkan maka dilakukannya dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara melalui subjek penelitian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh penerapan perkembangan digitalisasi pada proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) memiliki dampak positif dan negativ sehingga tidak dapat dijadikan opsi utama untuk diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK). Simpulan dari penelitian yang dibuat menunjukan bahwa penerapan perkembangan digitalisasi terhadap proses pembelajaran PJOK dapat membantu memudahkan guru dan siswa dalam mengakses informasi tentang ilmu keolahragaan.

Published
2023-07-31
How to Cite
BIMANTARA, Adriyansyah; IWANDANA, Dody Tri. Observasi Penerapan Digitalisasi Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Pada Kurikulum Terbaru Di Sekolah SMAN 1 SEDAYU. Gerak: Journal of Physical Education, Sports, and Health, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 22-27, july 2023. ISSN 2828-5433. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/jps/article/view/1441>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.37086/gerak.v3i2.1441.
Section
Article