Peningkatan Kemampuan Servis Bawah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dalam Permainan Bola Voli SMKN 10 Makassar

  • Suastika Nurafiati STKIP YPUP Makassar
  • Sarifuddin Arham STKIP YPUP Makassar
  • Muh. Al Akmal STKIP YPUP Makassar
  • Suhelmi Suhelmi STKIP YPUP Makassar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai adanya peningkatan kemampuan servis pada permainan bola voli melalui model pembelajaran kooperatif. Metode menelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan ciri penelitiannya dilakukan pada sebuah kelas khusus yang membutuhkan tindakan untuk mengetahui adanya akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah XI TKJ dengan jumlah siswa 30. Model pembelajaran kooperatif dilakukan dalam setiap pertemuan pada siklus I dan siklus II dengan membagi siswa secara berkelompok dan memberi variasi pembelajaran baik secara kelompok kecil maupun secara berpasangan. Hasil data pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dari data awal sebelum mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif. Data siklus I menunjukkan ada 13 orang dengan persentase 43,33%, jumlah siswa kategori tuntas 17 orang dengan persentase 56,66% dan siklus II kategori tidak tuntas ada 5 orang dengan persentase 26,66% sedangkan siswa dengan kategori tuntas 25 orang dengan persentase 83,33% dengan total keseluruhan siswa sebanyak 30. Kesimpulannya bahwa adanya peningkatan kemampuan servis pada permainan bola voli dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif.


 



Published
2023-07-31
How to Cite
NURAFIATI, Suastika et al. Peningkatan Kemampuan Servis Bawah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dalam Permainan Bola Voli SMKN 10 Makassar. Gerak: Journal of Physical Education, Sports, and Health, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 37-43, july 2023. ISSN 2828-5433. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/jps/article/view/1524>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.37086/gerak.v3i2.1524.
Section
Article