EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRESENTATION (DMR) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs. IBNUL AMIN

  • Andi Tenriawaru
  • Jeranah Jeranah
  • Iis karina STKIP YPUP Makassar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Diskursus Multy Representation (DMR) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) efektifpada pembelajaran  matematika siswa kelas VII MTs. Ibnul Amin. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Ibnul Amin. Sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari populasi siswa kelas VII MTs. Ibnul Amin yang berjumlah 21 orang siswa. Terdiri dari 17 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh, (1)hasil belajar pretest dikategorikan kurang berhasil dengan rata-rata nilai 28,43 dengan standar deviasi 18,345. (2)Hasil belajar posttest dikategorikan sangat bagus dengan rata-rata nilai 89,52 dengan standar deviasi 10,467. (3)Nilai gain mencapai kategori tinggi yaitu 0,8536. (4)Hasil respon siswa memperoleh persentase  93,0592% berada pada kategori sangat positif. (5)Aktivitas siswa dalam pembelajaran memperoleh persentase 93,3333% berada pada kategori sangat kuat. (6)Observasi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 95,5555% berada pada ketegori sangat baik. Hal ini diperkuat dengan analisis inferensial diperoleh yaitu, (1)pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai thitung = 8,546 > ttabel = 1,725 yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar posttest siswa berada diatas KKM 70; (2)pengujian hipotesis pertama diperoleh nilai thitung = 39,063 > ttabel = 1,725 yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan dari pretest ke posttest dengan N-gain ≥ 0,30. Berdasarkan perolehan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Diskursus Multy Representation (DMR) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif untuk diterapkan pada siswa kelas VII MTs. Ibnul Amin.

Published
2021-09-23
How to Cite
TENRIAWARU, Andi; JERANAH, Jeranah; KARINA, Iis. EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRESENTATION (DMR) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs. IBNUL AMIN. Journal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 204-214, sep. 2021. Available at: <http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/jmy/article/view/414>. Date accessed: 05 may 2024.
Section
Articles